Minggu, 05 Desember 2010

Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunadaksa (SMPLB-D)



A.     Latar Belakang

Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya untuk mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari bahwa peran agama amat penting bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia serta peningkatan potensi spiritual. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk menghasilkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial.  Pendidikan budi pekerti dimaksudkan agar peserta didik mulai mengenal, meneladani, dan membiasakan perilaku terpuji. 
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat.  Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional, maupun global.  Peranan Pendidikan Agama Islam di sekolah dimaksudkan untuk meningkatkan potensi moral dan spiritual yang mencakup pengenalan, pemahaman, penanaman dan pengamalan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetensi sesuai dengan jenjang persekolahan yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:
1.      lebih menitikberatkan pencapaian kompetensi secara utuh selain penguasaan materi;
2.      mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
3.      memberikan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan sumber daya pendidikan.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar dengan mempertimbangkan  peserta didik yang berkebutuhan khusus tunadaksa. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak berurutan. Peran orang tua sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.

B.  Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SMPLB bertujuan untuk:
1.      menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2.      mewujudkan manusia Indonesia berakhlak mulia yaitu manusia yang produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), serta menjaga harmoni secara personal dan sosial.

C.  Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Al Qur’an dan Hadits
2.      Aqidah
3.      Akhlak
4.      Fiqih
5.      Tarikh dan Hadlarah.
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.



D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar


Pembelajaran pendidikan agama Islam disesuaikan dengan kondisi peserta didik yang berkebutuhan khusus tunadaksa.


Kelas VII, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an

1.  Menerapkan hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah
1.1 Menjelaskan hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah
1.2 Membedakan hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah
1.3 Menerapkan bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar

Aqidah

2.   Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya
2.1  Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT
2.2  Membaca ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah
2.3   Menyebutkan arti ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT
2.4   Menampilkan prilaku sebagai cerminan keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT

3.   Memahami Al Asma Al Husna

3.1   Menyebut arti ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan 10 Al Asma Al Husna
4.0   Mengamalkan isi kandungan 10 Al Asma Al Husna

Akhlak

4.   Membiasakan perilaku terpuji
4.1   Menjelaskan pengertian tawadhu, taat, qana’ah, dan sabar
4.2   Menampilkan  contoh-contoh perilaku tawadhu, taat, qana’ah, dan sabar
4.1    Membiasakan perilaku tawadhu, taat, qana’ah, dan sabar






Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Fiqih

5.   Memahami ketentuan-ketentuan thaharah  (bersuci)
5.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib
5.2 Menjelaskan perbedaan hadas dan najis


6.   Memahami tatacara shalat
6.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat wajib
6.2 Mempraktikkan shalat wajib

7.   Memahami tatacara shalat jamaah dan munfarid (sendiri)

7.1 Menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid
7.2 Mempraktikkan shalat jamaah dan shalat munfarid

Tarikh dan Hadlarah

8.   Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW
8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW pada massa periode Mekah
8.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad untuk semua manusia dan bangsa


Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an

9.   Menerapkan hukum bacaaan nun mati/tanwin  dan mim mati
9.1  Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
9.2  Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin  dan mim mati
9.3  Menerapkan hukum nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-qur’an dengan benar

Aqidah

10. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
10.1 Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat
10.2 Menjelaskan tugas-tugas Malaikat
10.3 Menampilkan prilaku sebagai cerminan keyakinan akan tugas-tugas Malaikat

Akhlak

11. Membiasakan perilaku terpuji
11.1 Menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet, dan teliti
11.2 Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti
11.3 Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti

Fiqih

12. Memahami tatacara shalat Jum’at
12.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat Jum’at
12.2 Mempraktikkan shalat Jum’at

13. Memahami tatacara shalat jama dan qashar
13.1 Menjelaskan shalat jamak dan shalat qashar
13.2 Mempraktikkan shalat jamak dan qashar

Tarikh dan Hadlarah

14. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW
14.1 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat
14.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
14.3 Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah



Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an

1.  Menerapkan hukum bacaaan Qalqalah  dan Ra
1.1 Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah  dan Ra
1.2  Menerapkan hukum  Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar

Aqidah

10. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
2.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah
2.2 Menyebutkan kandungan Kitab-kitab Allah SWT secara umum
2.3 Menampilkan sikap sebagai cerminan keyakinan terhadap Kitab-kitab Allah

Akhlak

3.  Membiasakan perilaku terpuji
3.1 Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakal
3.2 Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakal
3.3 Membiasakan perilaku zuhud dan tawakkal dalam  kehidupan sehari- hari

4.  Menghindari perilaku tercela
4.1 Menjelaskan pengertian ananiah, ghadab, irihati, ghibah, dan namimah
4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah, ghadab, irihati, ghibah, dan namimah
4.3 Menghindari perilaku ananiah, ghadab, irihati, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari

Fiqih

5.  Memahami tatacara shalat sunat
5.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunat rawatib
5.2 Mempraktikkan shalat sunat rawatib

6. Memahami macam-macam sujud
6.1 Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
6.2 Menjelaskan tata cara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah

6.3 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah

7.  Memahami tatacara puasa
7.1 Menjelaskan ketentuan puasa wajib
7.2 Mempraktikkan puasa wajib
7.3 Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah
7.4 Mempraktikkan puasa Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah

8. Memahami zakat
8.1 Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal
8.2 Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal
8.3 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal
8.4 Mempraktekkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal
Tarikh dan Hadlarah

9. Memahami sejarah Nabi
9.1 Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
9.4  Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah


Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an

10. Menerapkan hukum bacaaan mad dan waqaf
10.1 Menjelaskan hukum bacaan mad dan waqaf
10.2 Menunjukkan contoh bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
10.3 Mempraktikkan bacaan mad waqaf dalam surat-surat Al-Qur’an

Aqidah

11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah
11.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul-rasul Allah
11.2 Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah
11.3 Meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW

Akhlak

12. Membiasakan perilaku terpuji
12.1 Menjelaskan adab  makan dan minum
12.2 Menampilkan contoh adab makan dan minum
12.3 Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari

13. Menghindari perilaku tercela
13.1 Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik
13.2 Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan  munafik
13.3 Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari

Fiqih

14. Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman
14.1 Menjelaskan makanan dan minuman yang halal dan haram
14.2 Menyebutkan contoh makanan dan minuman yang halal dan haram
14.3 Meneladani cara makan dan minum Rasulullah SAW
14.4 Menghindari makanan dan minuman yang haram

15. Memahami hukum Islam tentang binatang sebagai sumber makanan
15.1 Menjelaskan jenis-jenis binatang yang halal dan haram dimakan
15.3 Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan

Tarikh dan Hadlarah

16. Memahami sejarah dakwah Islam
16.1 Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan dalam Islam
16.2 Menyebutkan  tokoh ilmuwan muslim dan peranannya






Kelas IX, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an dan Al Hadits

1. Mengamalkan ajaran    Al Qur’an surat At-Tin
1.1 Membaca QS at-Tiin dengan tartil
1.2 Menyebutkan arti  QS at-Tiin
1.3 Mempraktikkan perilaku manusia sebagai ciptaan yang mulia seperti  terkandung dalam QS at-Tiin

2. Mengamalkan ajaran   Al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari
2.1 Membaca hadits tentang menuntut ilmu
2.2 Menyebutkan arti  hadits tentang menuntut ilmu
2.3 Mempraktikkan perilaku menuntut ilmu seperti terkandung dalam Al-Hadits

Aqidah

3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
3.1  Menjelaskan pengertian  beriman kepada Hari Akhir
3.2  Menyebutkan  istilah penting yang berhubungan dengan Hari Akhir
3.3 Menceritakankan proses kejadian kiamat sughro dan kubro seperti terkandung dalam Qur’an dan Hadist
3.4  Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Hari Akhir

Akhlak

4. Membiasakan perilaku terpuji
4.1 Menjelaskan  pengertian  qona'ah dan tasamuh
4.2 Menampilkan contoh perilaku qanaah dan tasamuh
4.3 Membiasakan perilaku qanaah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari

Fiqih

5. Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan
5.1 Menjelaskan  tatacara penyembelihan hewan
5.2 Menjelaskan  ketentuan aqiqah dan qurban
5.3 Memperagakan cara penyembelihan hewan aqikah dan hewan qurban

6.  Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah
6.1 Menyebutkan  pengertian dan ketentuan haji dan umrah
6.2 Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah

Tarikh dan Hadlarah

7. Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara
7.1 Menceritakan  sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui  perdagangan, sosial, dan pengajaran
7.2 Menceritakan  sejarah beberapa kerajaan Islam di Sulawesi dan Sumatera



Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an dan Al Hadits

8. Mengamalkan ajaran    Al Qur’an surat Al-Insyirah
8.1 Menampilkan bacaan  QS Al-Insyirah dengan tartil dan benar
8.2 Menyebutkan arti QS Al-Insyirah
8.3 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS Al-Insyirah

9. Mengamalkan ajaran   Al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari
9.1 Membaca  hadits tentang kebersihan
9.2 Menyebutkan arti hadits tentang kebersihan
9.3 Menampilkan perilaku bersih seperti terkandung dalam hadits

Aqidah

10. Meningkatkan  keimanan kepada Qadha dan Qadhar
10.1 Menyebutkan  ciri-ciri beriman kepada qadha' dan qadar
10.2 Menjelaskan hubungan antara qadha’ dan qadhar
10.3 Menyebutkan contoh-contoh  qadha’ dan qadhar dalam kehidupan sehari-hari
10.4 Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada  qadha’ dan qadhar dalam kehidupan sehari-hari

Akhlak

11. Menghindari perilaku tercela
11.1 Menyebutkan pengertian takabbur
11.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabbur
11.3 Menghindari perilaku takabbur dalam kehidupan sehari-hari

Fiqih

12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah
12.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan   shalat sunat berjamaah dan munfarid
12.2 Menyebutkan contoh shalat sunat berjamaah dan munfarid

12.3 Mempraktikkan shalat sunat berjmaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari

Tarikh dan Hadlarah

13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
13.1 Menceritakan sejarah wayang, kasidah, dan hadrah
13.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara  adat kesukuan Nusantara



E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar