A. Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya untuk mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari bahwa peran agama amat penting bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia serta peningkatan potensi spiritual. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk menghasilkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Pendidikan budi pekerti dimaksudkan agar peserta didik mulai mengenal, meneladani, dan membiasakan perilaku terpuji.
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional, maupun global. Peranan Pendidikan Agama Islam di sekolah dimaksudkan untuk meningkatkan potensi moral dan spiritual yang mencakup pengenalan, pemahaman, penanaman dan pengamalan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetensi sesuai dengan jenjang persekolahan yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:
1. lebih menitikberatkan pencapaian kompetensi secara utuh selain penguasaan materi;
2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
3. memberikan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan sumber daya pendidikan.
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar dengan mempertimbangkan peserta didik yang berkebutuhan khusus tunadaksa. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak berurutan. Peran orang tua sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SMPLB bertujuan untuk:
1. menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2. mewujudkan manusia Indonesia berakhlak mulia yaitu manusia yang produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), serta menjaga harmoni secara personal dan sosial.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Al Qur’an dan Hadits
2. Aqidah
3. Akhlak
4. Fiqih
5. Tarikh dan Hadlarah.
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Pembelajaran pendidikan agama Islam disesuaikan dengan kondisi peserta didik yang berkebutuhan khusus tunadaksa.
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al Qur’an | |
1. Menerapkan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah | 1.1 Menjelaskan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah 1.2 Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah 1.3 Menerapkan bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar |
| |
Aqidah | |
2. Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya | 2.1 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT 2.2 Membaca ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah 2.3 Menyebutkan arti ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT 2.4 Menampilkan prilaku sebagai cerminan keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT |
3. Memahami Al Asma Al Husna | 3.1 Menyebut arti ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan 10 Al Asma Al Husna 4.0 Mengamalkan isi kandungan 10 Al Asma Al Husna |
Akhlak | |
4. Membiasakan perilaku terpuji | 4.1 Menjelaskan pengertian tawadhu, taat, qana’ah, dan sabar 4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadhu, taat, qana’ah, dan sabar 4.1 Membiasakan perilaku tawadhu, taat, qana’ah, dan sabar |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Fiqih | |
5. Memahami ketentuan-ketentuan thaharah (bersuci) | 5.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib 5.2 Menjelaskan perbedaan hadas dan najis |
6. Memahami tatacara shalat | 6.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat wajib 6.2 Mempraktikkan shalat wajib |
7. Memahami tatacara shalat jamaah dan munfarid (sendiri) | 7.1 Menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid 7.2 Mempraktikkan shalat jamaah dan shalat munfarid |
Tarikh dan Hadlarah | |
8. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW | 8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW pada massa periode Mekah 8.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad untuk semua manusia dan bangsa |
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al Qur’an | |
9. Menerapkan hukum bacaaan nun mati/tanwin dan mim mati | 9.1 Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati 9.2 Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati 9.3 Menerapkan hukum nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-qur’an dengan benar |
Aqidah | |
10. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat | 10.1 Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat 10.2 Menjelaskan tugas-tugas Malaikat 10.3 Menampilkan prilaku sebagai cerminan keyakinan akan tugas-tugas Malaikat |
Akhlak | |
11. Membiasakan perilaku terpuji | 11.1 Menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet, dan teliti 11.2 Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti 11.3 Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti |
Fiqih | |
12. Memahami tatacara shalat Jum’at | 12.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat Jum’at 12.2 Mempraktikkan shalat Jum’at |
13. Memahami tatacara shalat jama dan qashar | 13.1 Menjelaskan shalat jamak dan shalat qashar 13.2 Mempraktikkan shalat jamak dan qashar |
Tarikh dan Hadlarah | |
14. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW | 14.1 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat 14.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat 14.3 Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah |
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al Qur’an | |
1. Menerapkan hukum bacaaan Qalqalah dan Ra | 1.1 Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan Ra 1.2 Menerapkan hukum Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar |
Aqidah | |
10. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah | 2.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah 2.2 Menyebutkan kandungan Kitab-kitab Allah SWT secara umum 2.3 Menampilkan sikap sebagai cerminan keyakinan terhadap Kitab-kitab Allah |
Akhlak | |
3. Membiasakan perilaku terpuji | 3.1 Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakal 3.2 Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakal 3.3 Membiasakan perilaku zuhud dan tawakkal dalam kehidupan sehari- hari |
4. Menghindari perilaku tercela | 4.1 Menjelaskan pengertian ananiah, ghadab, irihati, ghibah, dan namimah 4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah, ghadab, irihati, ghibah, dan namimah 4.3 Menghindari perilaku ananiah, ghadab, irihati, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari |
Fiqih | |
5. Memahami tatacara shalat sunat | 5.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunat rawatib 5.2 Mempraktikkan shalat sunat rawatib |
6. Memahami macam-macam sujud | 6.1 Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah 6.2 Menjelaskan tata cara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah |
6.3 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah | |
7. Memahami tatacara puasa | 7.1 Menjelaskan ketentuan puasa wajib 7.2 Mempraktikkan puasa wajib 7.3 Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah 7.4 Mempraktikkan puasa Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah |
8. Memahami zakat | 8.1 Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal 8.2 Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal 8.3 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal 8.4 Mempraktekkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal |
Tarikh dan Hadlarah | |
9. Memahami sejarah Nabi | 9.1 Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan 9.4 Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah |
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al Qur’an | |
10. Menerapkan hukum bacaaan mad dan waqaf | 10.1 Menjelaskan hukum bacaan mad dan waqaf 10.2 Menunjukkan contoh bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an 10.3 Mempraktikkan bacaan mad waqaf dalam surat-surat Al-Qur’an |
Aqidah | |
11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah | 11.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul-rasul Allah 11.2 Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah 11.3 Meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW |
Akhlak | |
12. Membiasakan perilaku terpuji | 12.1 Menjelaskan adab makan dan minum 12.2 Menampilkan contoh adab makan dan minum 12.3 Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari |
13. Menghindari perilaku tercela | 13.1 Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik 13.2 Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik 13.3 Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari |
Fiqih | |
14. Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman | 14.1 Menjelaskan makanan dan minuman yang halal dan haram 14.2 Menyebutkan contoh makanan dan minuman yang halal dan haram 14.3 Meneladani cara makan dan minum Rasulullah SAW 14.4 Menghindari makanan dan minuman yang haram |
15. Memahami hukum Islam tentang binatang sebagai sumber makanan | 15.1 Menjelaskan jenis-jenis binatang yang halal dan haram dimakan 15.3 Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan |
Tarikh dan Hadlarah | |
16. Memahami sejarah dakwah Islam | 16.1 Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan dalam Islam 16.2 Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dan peranannya |
Kelas IX, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al Qur’an dan Al Hadits | |
1. Mengamalkan ajaran Al Qur’an surat At-Tin | 1.1 Membaca QS at-Tiin dengan tartil 1.2 Menyebutkan arti QS at-Tiin 1.3 Mempraktikkan perilaku manusia sebagai ciptaan yang mulia seperti terkandung dalam QS at-Tiin |
2. Mengamalkan ajaran Al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari | 2.1 Membaca hadits tentang menuntut ilmu 2.2 Menyebutkan arti hadits tentang menuntut ilmu 2.3 Mempraktikkan perilaku menuntut ilmu seperti terkandung dalam Al-Hadits |
Aqidah | |
3. Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir | 3.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Hari Akhir 3.2 Menyebutkan istilah penting yang berhubungan dengan Hari Akhir 3.3 Menceritakankan proses kejadian kiamat sughro dan kubro seperti terkandung dalam Qur’an dan Hadist 3.4 Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Hari Akhir |
Akhlak | |
4. Membiasakan perilaku terpuji | 4.1 Menjelaskan pengertian qona'ah dan tasamuh 4.2 Menampilkan contoh perilaku qanaah dan tasamuh 4.3 Membiasakan perilaku qanaah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari |
Fiqih | |
5. Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan | 5.1 Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan 5.2 Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban 5.3 Memperagakan cara penyembelihan hewan aqikah dan hewan qurban |
6. Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah | 6.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah 6.2 Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah |
Tarikh dan Hadlarah | |
7. Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara | 7.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran 7.2 Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Sulawesi dan Sumatera |
Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Al Qur’an dan Al Hadits | |
8. Mengamalkan ajaran Al Qur’an surat Al-Insyirah | 8.1 Menampilkan bacaan QS Al-Insyirah dengan tartil dan benar 8.2 Menyebutkan arti QS Al-Insyirah 8.3 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS Al-Insyirah |
9. Mengamalkan ajaran Al-Hadits dalam kehidupan sehari-hari | 9.1 Membaca hadits tentang kebersihan 9.2 Menyebutkan arti hadits tentang kebersihan 9.3 Menampilkan perilaku bersih seperti terkandung dalam hadits |
Aqidah | |
10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadhar | 10.1 Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha' dan qadar 10.2 Menjelaskan hubungan antara qadha’ dan qadhar 10.3 Menyebutkan contoh-contoh qadha’ dan qadhar dalam kehidupan sehari-hari 10.4 Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada qadha’ dan qadhar dalam kehidupan sehari-hari |
Akhlak | |
11. Menghindari perilaku tercela | 11.1 Menyebutkan pengertian takabbur 11.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabbur 11.3 Menghindari perilaku takabbur dalam kehidupan sehari-hari |
Fiqih | |
12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah | 12.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan shalat sunat berjamaah dan munfarid 12.2 Menyebutkan contoh shalat sunat berjamaah dan munfarid |
12.3 Mempraktikkan shalat sunat berjmaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari | |
Tarikh dan Hadlarah | |
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara | 13.1 Menceritakan sejarah wayang, kasidah, dan hadrah 13.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara |
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar